Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

HP POCO X5: Spesifikasi, Harga, Kelebihan serta Kekurangan

HP POCO X5: Spesifikasi, Harga, Kelebihan serta Kekurangan

POCO X5

HP POCO X5: Spesifikasi, Harga, Kelebihan serta Kekurangan. POCO X5 jadi produk terkini yang siap memanaskan pasar smartphone di kelas menengah. Smartphone ini diharapkan jadi alternatif dari POCO M4 Pro yang kemarin jadi primadona di harga 2 jutaan.

POCO X5 bawa fitur unggulan, tercantum upgrade layar dengan panel AMOLED, chipset yang kencang, serta performa yang balance. Smartphone ini seakan jadi jawaban untuk kalangan mendang- mending yang mau smartphone murah tetapi menawarkan spesifikasi yang keren.

Walaupun demikian, smartphone ini pula diklaim bukan selaku upgrade smartphone yang pas dibanding dengan pendahulunya. Benarkah demikian? Buat menanggapi persoalan tersebut, kami hendak membagikan review POCO X5, tercantum kelebihan serta kekurangan POCO X5.

Spesifikasi POCO X5

Umum

Brand POCO

Tahun Rilis-

Layar

Panel Samsung AMOLED

Ukuran 6. 67 inci

Resolusi 1080 x 2400 p

Refresh Rate 120Hz

Perlindungan Unspecified

Desain

Dimensi 165. 9 x 76. 2 x 8 mm

Berat-

Material-

Opsi Warna Black; other colors

Hardware

Chipset Qualcomm Snapdragon 695

CPU Octa- core( 2x2. 2 GHz Kryo 660 Gold& 6x1. 7 GHz Kryo 660 Silver)

GPU Adreno 619

RAM 4GB/ 6GB

Memori Internal 128GB

Memori Eksternal microSDXC( uses shared SIM slot)

Kamera Belakang

Resolusi 48 MP+ 8 MP+ 2 MP

Fitur Dual- LED dual- tone flash, HDR, panorama

Video 1080p@30fps

Kamera Depan

Resolusi 13 MP

Fitur HDR

Video 1080p@30fps

Software

Sistem Operasi Android 12

Interface MIUI 13

Baterai

Kapasitas 5000 mAh

Charging Fast charging 33W

Jaringan

Slot Kartu SIM Hybrid Dual SIM( Nano- SIM, dual stand- by)

5G Ya

WIFI Wi- Fi 802. 11 a/ b/ gram/ n/ ac, dual- band

NFC Ya

Bluetooth 5. 1, A2DP, LE

USB USB Type- C 2. 0, OTG

Lainnya

Sertifikasi IP53( Tahan debu serta percikan)

Fingerprint Fingerprint( side- mounted)

Gyro Ya

Harga POCO X5

Sampai tulisan ini terbuat, Harga formal POCO X5 masih belum dikenal secara tentu. Tetapi banyak rumor tersebar kalau POCO X5 ini dibanderol dengan harga mulai 3. 6 jutaan.

Kelebihan POCO X5

1. Chipset Kencang

Semacam yang telah kami singgung di atas, System on Chip( SoC) jadi energi tarik utama smartphone ini. Performa yang kencang jadi energi tariknya. Muncul dengan SoC Snapdragon 695 5G yang tentu telah menunjang jaringan 5G serta dibentuk di atas manufaktur 6 nm yang nyatanya irit energi.

SoC tersebut bawa CPU 8 inti dengan kecepatan sampai 2. 2 GHz serta pengolah grafis GPU Adreno 619.

SoC ini terbilang bagus di kelas biayanya dengan skor AnTuTu di angka 400- ribuan. Sedangkan itu, pengujian Geekbench 5 memperoleh skor 677 buat single- core serta 1874 buat multi- core.

Dapur pacu tersebut dipadankan dengan RAM 6 serta 8 GB serta memori internal 128 serta 256 GB. Campuran memori tersebut telah lumayan lega serta besar buat pemakaian saat ini ini.

Menariknya, POCO masih membagikan fitur RAM extension sampai 5 GB. Maksudnya, kalian dapat memperoleh total RAM 13 GB yang nyatanya sangat menunjang buat multitasking. Ya, performa smartphone senantiasa kencang, walaupun kalian membuka banyak aplikasi secara bertepatan.

POCO pula masih membenamkan slot MicroSD buat penyimpanan bonus sampai 1 TB. Sesungguhnya, kapasitas memori internal 128 GB ataupun 256 GB itu telah lumayan besar.

Tetapi terdapatnya opsi penyimpanan bonus tersebut jadi angin fresh untuk sebagian pengguna yang mau menaruh berkas- berkas besar. Ini hendak membagikan opsi tertentu untuk pengguna untuk

menaruh banyak file tanpa wajib menghabiskan ruang internal.

2. Layar AMOLED 120 Hz

Zona layar pula jadi kelebihan POCO X5. Smartphone ini bawa panel AMOLED 6. 67 inci dengan resolusi Full HD+( 2400×1080 piksel). POCO pula telah membenamkan Seamless Pro Display yang begitu menawan.

Tidak tanggung- tanggung, layar tersebut telah menunjang refresh rate sampai 120 Hz yang memperkenalkan pengalaman visual yang luar biasa lembut, mulai dari pemakaian ringan sampai main permainan. Dengan refresh rate tersebut, kalian dapat menikmati video streaming ataupun tampilan permainan yang luar biasa lembut pergerakannya.

Layar tersebut pula memiliki wide color gamut DCI- P3 yang menawarkan warna yang kaya dan jernih. Terdapatnya fitur SGS Eye care pula membuat mata pengguna senantiasa sehat sekalipun berjam- jam memandang layar tiap hari.

Kecerahan layarnya pula lumayan besar, menggapai 1. 200 nits. Itu terkategori mantap buat smartphone 3 jutaan. Maksudnya, kalian dapat memandang layar dengan jelas serta perinci sekalipun terletak di dasar terik cahaya matahari langsung.

3. Desain Segar serta Ramping

POCO X5 menawarkan desain yang segar yang terkategori ramping serta ringan. Ya, smartphone ini berbobot 189 gr dengan ketebalan 7. 98 milimeter. Ukurannya terkategori tipis serta ringan dibanding dengan smartphone keluaran saat ini.

Paling tidak jauh lebih tipis serta ramping dibanding pendahulunya yang berbobot 215 gr serta ketebalan 9. 4 milimeter.

Pada bagian back cover, ada logi POCO yang berkilau dengan sentuhan warna pelangi. POCO pula memakai finishing yang lebih baik yang buatnya tidak gampang kotor serta lebih elok.

Buat rupanya, POCO muncul dengan 3 opsi warna ialah Hijau, Biru serta Gelap.

4. Mengantongi IP Rating 53

Tidak hanya muncul dengan desain yang segar serta elok, POCO pula terbilang kuat. Itu berkat dibenamkannya sertifikasi anti debu serta percikan air, IP53. Kedatangan IP rating tersebut dapat dibilang selaku kelebihan POCO X5.

Maksudnya, pengguna dapat mengandalkan smartphone ini buat kebutuhan outdoor tanpa takut smartphone rusak ataupun mati sebab kotoran debu ataupun percikan air.

5. Baterai Tahan Seharian

Zona baterai pula jadi keunggulan POCO X5. Smartphone ini ditopang dengan baterai 5000 mAh yang dapat diandalkan seharian, baik buat nonton film, main permainan ataupun hanya membuka media sosial.

Energi yang hemat ini pula berkat chipset Snapdragon 695 5G dengan fabrikasi 6 nm yang lebih hemat energi.

POCO pula membagikan teknologi fast charging 33W. Pengisian baterai

dari 0 sampai full diklaim cuma memerlukan waktu 60- an menit saja. Pasti saja, kecepatan pengisian energi tersebut terkategori kilat, walaupun bukan yang terbaik di kelas biayanya.

6. Konektivitas 5G serta NFC

POCO X5 ini dapat dibilang selaku smartphone future- proof. Ya, smartphone ini dapat kalian pakai dalam sebagian tahun ke depan, tanpa wajib migrasi ke smartphone yang lain. Ini berkat konektivitas 5G.

Jadi, kala sebagian besar daerah Indonesia telah menunjang jaringan 5G, kalian tidak butuh ubah HP sebab telah support dengan jaringan tersebut. Tidak hanya itu, konektivitas 5G tersebut pula dapat berjalan di sebagian provider di Indonesia.

POCO X5 pula telah dibekali dengan NFC. Ini ialah fitur harus di era modern ini yang membolehkan pembayaran ataupun cek saldo e- money dengan satu sentuhan saja.

Kekurangan POCO X5

1. Kamera Downgrade dari Pendahulunya

Zona kamera bisa jadi jadi kekurangan POCO X5. Smartphone ini muncul dengan konfigurasi 3 kamera yang terdiri dari kamera utama 48 MP, kamera ultra wide 8 MP, serta kamera makro 2 MP.

Setup kamera balik tersebut sesungguhnya telah lumayan lengkap dibanding dengan pesaingnya di kelas harga 3 jutaan kecil. Cuma saja, dibanding dengan pendahulunya, POCO X3, pasti saja hadapi penyusutan jauh. Pendahulunya muncul dengan konfigurasi 4 kamera yang mana masih terdapat kamera depth sensor.

Hasil kamera pula tidak lebih baik dari POCO X3 yang mana dibekali dengan sensor utama 64 MP. Hasil foto memanglah lumayan perinci, dengan warna yang nampak alami. Tetapi, hasilnya lumayan jauh dibanding dengan pendahulunya.

Tidak hanya itu, mutu perekaman video mentok di 1080p 30fps. Ini pula jadi penyusutan yang signifikan dibanding X3 yang mana bawa mutu perekaman video sampai 4K@30fps.

Pada keadaan malam hari ataupun low light, hasil kamera pula tidak terbilang bagus. Masih banyak ditemui noise serta detailnya pula terkategori kurang.

Bergeser ke kamera depan, POCO muncul dengan kamera selfie 12 MP yang hasilnya terbilang standard saja, tidak terdapat istimewanya di kelas biayanya.

2. Masih Android 12

Kekurangan POCO X5 merupakan masih memakai Android 12, yang terkategori telah lawas buat smartphone mid- range keluaran 2023 ini. Pasti saja, harapannya, POCO membenamkan sistem pembedahan Android 13 dengan antarmuka MIUI 14.

Android 13 diklaim menawarkan fitur yang kaya serta sedikit bloatware. Ini jadi keunggulan dari Android terkini tersebut.

3. Tanpa Adaptive Refresh Rate

Walaupun telah dibekali dengan refresh rate sampai 120 Hz, sayangnya tidak terdapat fitur adaptive. Itu berarti layar tidak dapat membiasakan kebutuhan refresh rate bersumber pada aplikasi yang dibukanya.

Refresh rate hendak berjalan cocok dengan pengaturan manual, baik 60 Hz, 90 Hz, ataupun 120 Hz. Dengan terdapatnya fitur adaptive refresh rate, layar hendak secara otomatis membiasakan refresh rate dengan kebutuhan. Fitur ini pula hendak membuat energi tahan baterai terus menjadi efektif.

4. Speaker Mono

Dibanderol dengan harga 3 jutaan, POCO X5 ini masih muncul dengan satu speaker saja alias mono speaker. Output suaranya jelas kurang lantang, kurang balance, serta kurang aman di kuping. Suaranya pula cuma terdengar di satu sisi kala kalian bermain permainan ataupun nonton video streaming dalam posisi horizontal.

Kesimpulan POCO X5

POCO X5 ini memanglah sesuai untuk pengguna yang mencari smartphone yang telah menunjang konektivitas 5G serta layar yang luar biasa lembut dengan harga yang terjangkau. Rasanya, tidak banyak smartphone 3 jutaan yang muncul dengan fitur unggulan tersebut.

Tetapi untuk pengguna yang mengutamakan kamera, kami sarankan buat mencari opsi yang lain terlebih dahulu. Mutu kamera masih butuh dibenahi serta yang mengejutkan dibanding pendahulunya, tidak bawa kenaikan, malahan penyusutan secara ekstrem.

Jadi, bila kalian dikala ini memakai POCO X3 ataupun X3 Pro, lebih baik tahan dahulu saja, sebab POCO X5 ini bukan jadi opsi yang pas buat naik kelas, kecuali kalian mengutama konektivitas 5G dengan harga yang ramah di kantong. 

Post a Comment for "HP POCO X5: Spesifikasi, Harga, Kelebihan serta Kekurangan"